Cara Mudah Mengatasi Game Free Fire Sering Keluar Sendiri


Cara mengatasi force close pada game free fire ff 2023

Cara mengatasi game Free Fire (FF) keluar sendiri / force close - Game Free Fire di tahun 2022 ini, bisa dikatakan termasuk salah satu game terlaris diantara semua game yang ada di Android & iOS.

Permainannya yang unik dan melibatkan banyak pemain lainnya di dalam satu pertempuran, tentunya menjadi daya tarik bagi mereka-mereka yang senang bermain game online.

Ukuran game Free Fire terbilang cukup besar yakni dikisarkan 400-an MB. Meskipun demikian, bila dibandingkan aplikasi game serupa lainnya, ukuran game Free Fire bisa dikatakan jauh kecil.

Dengan ukuran aplikasi game yang jauh lebih kecil dibandingkan game serupa lainnya, tentunya game Free Fire menjadi pilihan yang tepat terutama bagi mereka yang memiliki smartphone dengan RAM dikisaran 1 GB atau di bawahnya.

Bermain di game Free Fire memang sangat menyenangkan. Para pemain di game FF ini juga didominasi oleh orang-orang dari berbagai kalangan usia. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa juga turut bermain di game populer yang satu ini.

Dulunya game bergenre Battle Royale hanya bisa dimainkan melalui PC. Tetapi di era yang semakin modern seperti sekarang, melalui ponsel saja kini kita sudah bisa memainkannya dan turut merasakan sensasi permainan yang sama dengan yang ada di PC.

Untuk bisa bermain dengan lancar tanpa masalah, tentunya smartphone yang kita miliki harus dengan spesifikasi yang tinggi dan RAM yang besar.

Bila RAM smartphone kita hanya 1 GB, maka tak jarang ada sedikit permasalahan yang mungkin terkadang sering kita alami seperti salah satunya ialah Force Close.

Masalah Force Close memang kerap kita jumpai ketika bermain game online, termasuk juga pada game Free Fire. Adapun beberapa penyebab yang mengakibatkan terjadinya force close seperti RAM yang rendah dan lain sebagainya.

Tak sedikit pemain yang mengalami masalah seperti itu. Hal tersebut tentunya sangat menganggu, apalagi ketika kita sedang berada di area pertempuran.

Oleh karena itu, apabila kamu mengalami masalah force close atau keluar sendiri secara tiba-tiba ketika sedang bermain game Free Fire, maka kamu bisa mengikuti beberapa solusi untuk mengatasinya yang akan dijelaskan dibawah ini. Berikut cara mengatasi force close pada game Free Fire.

1. Update Free Fire ke Versi Terbaru

Biasanya masalah force close terjadi, mungkin dikarenakan aplikasi Free Fire yang kamu gunakan adalah versi lama sehingga sudah tidak kompatibel dengan versi terbarunya.

Pihak Garena tentunya terus melakukan pembaruan-pembaruan guna untuk meningkatkan kualitas permainan yang lebih baik lagi. Pembaruan yang dilakukan, tentunya juga berdampak kepada aplikasi game ff versi lama.

Nah, jika kamu mengalami masalah tersebut, maka tidak ada salahnya kamu mencoba untuk melakukan update pada aplikasi game free fire kamu.

Untuk melakukan update game ff kamu, maka kamu bisa langsung menuju ke playstore <Android> atau appstore <iOS/iphone> dan lakukan update disana.

Dengan cara ini, biasanya masalah force close (FC) bisa teratasi dan tidak terjadi lagi.

2. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Bila kamu memiliki smartphone dengan RAM 1 GB dan sering mengalami force close ketika sedang bermain ff, maka masalah tersebut mungkin terjadi dikarenakan penggunaan RAM yang sudah mulai sedikit.

Biasanya penumpukan aplikasi yang berlebih akan terus memakan penyimpanan RAM. Hal tersebut tentunya akan terus menguras RAM yang ada pada smartphone kita sehingga pada akhirnya akan berdampak pada kinerja ketika sedang menggunakannya.

Oleh karena itu, solusi untuk mengatasi masalah force close bagi kalian yang menggunakan smartphone RAM 1GB ialah dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan.

Ketika kalian menghapus aplikasi yang tidak digunakan, maka RAM pada smartphone kamu juga akan bertambah lebih banyak sehingga kinerja smartphone ketika kamu memainkan game Free Fire juga berjalan stabil.

3. Hapus Cache Aplikasi Free Fire

Cobalah untuk menghapus cache aplikasi Free Fire kamu. Apabila kamu terlalu sering bermain game Free Fire, tentunya cache yang tersimpan akan terus menumpuk.

Penumpukan cache yang berlebih tentunya akan menghambat kinerja pada aplikasi tersebut.

Jadi, apabila kamu mengalami masalah ketika bermain Free Fire, maka kamu bisa mencoba untuk menghapus cache yang tersimpan. Siapa tau ini bisa membantu masalah force close yang kerap terjadi ketika kamu sedang bermain game Free Fire.

Untuk menghapus cachenya, kamu bisa masuk ke pengaturan >> aplikasi >> free fire >> hapus cache. Setelah itu kamu bisa mencoba membuka kembali game free fire kamu.

4. Pastikan Koneksi Jaringan Stabil

Koneksi jaringan internet tentunya sangat berpengaruh besar di dalam permainan game free fire.

Apabila koneksi jaringan tidak stabil, pastinya akan terjadi berbagai macam masalah.

Selain masalah lag atau patah-patah yang disebabkan karena koneksi jaringan yang tidak stabil, terkadang jaringan tidak stabil juga menyebabkan terjadinya force close secara tiba-tiba.

Oleh karena itu, pentingnya untuk mengecek koneksi jaringan terlebih dahulu supaya masalah-masalah apapun tidak terjadi ketika sedang bermain dan permainan pun pastinya jauh lebih menyenangkan.

5. Lakukan Restart Smartphone

Bila masalah force close tak kunjung hilang, maka salah satu solusi yang ampuh untuk mengatasinya ialah dengan melakukan restart hp.

Biasanya ketika melakukan restart, semua sistem, fitur-fitur, maupun aplikasi akan dimulai kembali.

Kalian bisa mencoba untuk melakukan restart pada smartphone kamu. Baik itu smartphone android seperti samsung, xiaomi maupun di hp iphone.

Cara untuk mengatasi force close dengan melakukan restart ulang smartphone terkadang manjur untuk beberapa masalah force close yang terjadi. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba, siapa tau bisa membantu mengatasi masalah force close yang sering terjadi disaat kamu sedang memainkan game free fire.

Baca juga : Cara Top Up Diamond Free Fire di Unipin.

Itu saja beberapa cara yang mungkin bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah force close yang kerap terjadi pada saat sedang bermain game Free Fire. Selamat mencoba.