Cara Cepat Mengatasi Mobile Legends Tidak Menanggapi


Cara mengatasi mobile legend ml tidak menanggapi / mobile legend telah berhenti 2023

Cara mengatasi Mobile Legends tidak menanggapi - Hallo sobat pecinta game Mobile Legends, pada kesempatan kali ini admin akan sedikit berbagi tips solusi mengenai game mobile legend yaitu cara mudah mengatasi mobile legend tidak menanggapi atau cara mengatasi mobile legend tiba-tiba berhenti.

Pernahkah sobat mengalami masalah ketika sedang bermain game legends? Misalnya seperti tiba-tiba keluar (force close), tidak menanggapi, tidak bisa masuk, atau muncul tulisan "sayangnya mobile legend telah berhenti"?

Pastinya pernahkan? Meskipun itu hanya sekali atau beberapa kali. Sebenarnya ada beberapa penyebab masalah mobile legend tidak menanggapi, diantaranya seperti penumpukan cache, perangkat tidak memadai, dan lain sebagainya.

Banyak sekali pemain game Mobile Legends (ML) yang bertanya-tanya "kenapa mobile legends tidak menanggapi"? Padahal terkadang masalah tersebut juga disebabkan karena perangkat yang sobat gunakan tidak mendukung atau memang ada masalah lain yang menjadi penyebabnya.

Oleh karena itu, bila sobat mengalami masalah seperti mobile legend tidak menanggapi, tidak bisa masuk, sayangnya mobile legends telah berhenti, game mobile legend tidak bisa loading, maka sobat bisa mengikuti beberapa tips sederhana dibawah. Siapa tau ini bisa membantu memecahkan masalah yang sedang terjadi ketika sobat bermain game mobile legends. Oke, berikut tips cepat dan mudah dalam mengatasi mobile legend tidak menanggapi.

1. Perbarui Mobile Legends di Playstore/Appstore

Terkadang masalah yang terjadi ketika kita sedang asik bermain game mobile legends juga berasal dari aplikasi game itu sendiri. Masalah force close, loading error, tidak menanggapi, berhenti secara tiba-tiba, itu semua bisa dikatakan adalah masalah yang disebabkan karena aplikasi game mobile legend yang terbilang sudah kusang atau jadul.

Mungkin tiba semuanya adalah penyebab terjadinya masalah tersebut. Namun, tentunya tidak salah bila kita mencoba untuk mengatasinya dengan cara memperbarui gamenya ke versi terbaru di playstore maupun appstore bila sobat menggunakan hp jenis iphone.

Sobat bisa masuk ke Playstore/Appstore, tempat dimana sobat bisa memperbarui game ML sobat dan perbarui aplikasinya langsung.

2. Hapus Cache Game Mobile Legends

Penyebab lainnya kenapa mobile legends tidak menanggapi yaitu karena penumpukan cache yang sudah sangat banyak.

Sebenarnya cache ini sangatlah bagus karena sebagai tempat penyimpanan data sementara. Akan tetapi, penumpukan yang berlebih tentunya akan menjadi masalah karena data-data yang tersimpan ketika kita habis memainkannya akan terkumpul disana dan akan menguras kapasitas RAM pada smartphone kita.

Oleh karena itu, untuk mencegah atau mengatasi masalah mobile legend berhenti secara tiba-tiba ketika sedang bermain, maka sobat bisa mencoba untuk menghapus cachenya langsung, yakni dengan cara masuk ke pengaturan >> pengelola aplikasi >> aplikasi >> mobile legends >> hapus cache. (Mungkin fitur atau letak di setiap jenis smartphone berbeda-beda).

3. Hapus Data Game Mobile Legends

Cara lainnya agar bisa mengatasi masalah ml tidak menanggapi yang sedang terjadi ketika sobat bermain game mobile legends adalah dengan menghapus data game mobile legend tersebut.

Sebenarnya cara ini tidaklah berbeda jauh dari menghapus cache, mungkin sudah hampir sama. Namun, perlu diketahui ada perbedaan di antara keduanya yang dimana menghapus data lebih cenderung menghapus semua data yang ada di dalam game mobile legend.

Sementara menghapus cache hanyalah menghapus data-data yang tersimpan ketika kita selesai bermain atau lebih tepatnya menghapus riwayat data.

Bila sobat ingin mengurangi atau bahkan mengatasi setiap masalah agar tidak terjadi lagi, maka sobat bisa mencoba untuk menghapus data game mobile legends. Caranya sangatlah mudah, persis seperti cara menghapus cache, yakni dengan cara masuk ke pengaturan >> pengelola aplikasi >> aplikasi >> mobile legends >> hapus data.

4. Restart Smartphone

Bila masalah tidak kunjung hilang, maka cobalah untuk merestart hp sobat terlebih dahulu. Matikan daya terlebih dahulu, kemudian nyalakan kembali.

Dalam beberapa kasus, cara ini sangat manjur untuk menghilangkan masalah yang terjadi pada game online, termasuk juga pada game mobile legends.

Oleh karena itu, silahkan sobat coba untuk mematikan daya, kemudian nyalakan kembali. Setelah itu langsung saja dibuka game mobile legendnya dan cobalah lihat apakah cara ini berhasil atau tidak.

5. Hapus Game Mobile Legends, Kemudian Install Kembali

Solusinya lainnya mengatasi masalah pada game mobile legend adalah dengan menghapus gamenya, kemudian mendownload kembali.

Bila cara-cara diatas memang tidak bekerja, maka cobalah untuk menginstall kembali gamenya.

Dalam beberapa kasus, cara ini juga sangat terbukti dalam mengatasi masalah tidak menanggapi, terhenti, tidak bisa mulai, dan masalah lainnya. Oleh karena itu, cobalah untuk menghapus dan menginstall ulang game mobile legends.

6. Menghapus Aplikasi / Data Item Tidak Berguna

Bila hp sobat memiliki RAM dibawah 1 GB atau dikisaran 1 GB lebih, maka bisa dipastikan masalah tersebut juga disebabkan oleh faktor tersebut.

Mungkin pada smartphone sobat telah memiliki aplikasi yang begitu banyak atau item data yang begitu banyak seperti lagu, video, dan file-file lainnya sehingga membuat penggunaan RAM pada mobile legend semakin kecil.

Kita tahu bahwa mobile legend memerlukan RAM yang cukup besar. Jadi, apabila RAM yang terus semakin sedikit, hal tersebut bisa saja menjadi pemicu masalah yang sedang sobat alami ketika bermain mobile legends.

Oleh karena itu, cobalah untuk menghapus aplikasi atau file-file lainnya yang dianggap tidak begitu penting supaya masalah tidak menanggapi tersebut bisa segera teratasi.

Baca juga : cara mendapatkan skin starlight mobile legends.

Itulah 6 cara mengatasi masalah game ML tidak menanggapi 2023 yang bisa sobat coba satu per satu. Semoga ini dapat bermanfaat bagi sobat semuanya yang sedang mengalami kesulitan dalam hal masalah seputar game mobile legends. Selamat mencoba.