Begini Cara Mengatasi Lag PES 2023 di Semua Perangkat


Cara mengatasi lag pes 2023 di android laptop pc mobile dan di low end pc 100% work

Cara mengatasi lag PES 2023 di PC/Laptop/Android/Mobile - Halo sahabat gamers PES 2023 atau game Pro Evolution Soccer 2023, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips kepada sobat semuanya mengenai bagaimana cara mengatasi lag PES 2023 biar lebih lancar dan pastinya bakalan jauh lebih nyaman ketika dimainkan pada permainan game PES 2023-nya.

Cara mengatasi lag PES 2023 di low end pc 100% work - Seperti yang kita ketahui bahwa game PES 2022 ini sangat banyak sekali dimainkan orang-orang dari berbagai negara yang ada di beberapa benua. Mayoritas pemain game ini juga rata-rata ada laki-laki karena tentunya game sepakbola lebih identik ke permainan laki-laki.

Bermain di PES 2023 harus menggunakan kuota data alias online. Hal ini agar permainan lebih menyenangkan karena kita bisa bermain dan terhubung dengan orang-orang lain yang secara kenyataan tidak kita kenal secara langsung ketimbang bermain melawan bot.

Cara mengatasi lag PES 2023 Mobile/Android/Laptop/PC - Sama seperti game online lainnya, bermain di PES 2023 tentunya juga ada kendala-kendala yang biasa dihadapi oleh para player dan ini biasanya terjadinya ketika sedang bermain, yaitu lag.

Masalah lag memang seringkali terjadi, terutama pada game online karena tentunya menggunakan akses kuota data dan penyimpanan yang terkadang membutuhkan ruang yang terbilang cukup besar sehingga tak jarang oleh karena RAM yang kecil, game PES 2023 pun jadi kurang mendukung (unsupported) untuk dimainkan.

Oleh karena itu, bila sobat mengalami lag pada saat main PES 2023, maka sobat bisa mencoba memperbaikinya dengan menggunakan beberapa tips cara mengatasi lag PES 2023 dibawah ini. Semoga dengan menerapkan beberapa tips dibawah ini, masalah lag yang terjadi pada permainan game PES 2023 sobat, tidak akan terjadi lagi. Oke, langsung saja kita masuk ke pembahasan cara mengatasi lag PES 2023 dibawah ini.

CARA MENGATASI LAG PES 2023 DENGAN MUDAH

1. Ubah Grafik PES 2023
Biasanya masalah lag yang terjadi juga dikarenakan oleh grafik game. Seperti yang kita ketahui, kalau game PES kita dituntut untuk melakukan upgrade grafik supaya permainan sepak bola yang kita mainkan lebuh terasa nyata / real.

Akan tetapi hal tersebut justru berimbas dan lebih berdampak pada perangkat yang memiliki ukuran RAM yang rendah sehingga tak heran kenapa rata-rata perangkat yang memiliki RAM rendah lebih sering mengalami lag ketika bermain game PES ini.

Oleh karena itu, cara agar tidak lag main PES 2023 yang bisa kalian coba adalah dengan mengubah grafik yang lebih rendah. Hal ini kemungkinan bisa meminimalis terjadinya lag pada saat main PES 2023 ini.

Cara untuk mengubah grafiknya tidaklah sulit, para player bisa melakukannya langsung dengan cara masuk ke aplikasi game PES milik sobat, kemudian pilih menu garis 3 yang ada di pojok kanan paling bawah. Setelah itu pilih "video settings", kemudian akan muncul pilihan grafik, maka sobat tekan menu grafik lalu pilih low resolution apabila perangkat sobat memang memiliki RAM yang rendah.

Dengan demikian, cara mengatasi lag di pes 2023 android dengan cara diatas tentu saja sangat berguna bila memang hp atau perangkat sobat memiliki ukuran RAM yang rendah.

2. Nyalakan Fitur V-Sync
Bila PES sobat sudah 60 FPS+, namun masih saja mengalami lag atau terasa lag patah-patah gitu, maka solusi cara mengatasinya yang bisa sobat coba adalah menyalakan fitur v-sync. Menyalakan fitur v-sync ternyata bisa membuat gameplay lebih playable. Cara untuk mengatur / settingnya bisa melalui driver.

Untuk rig dengan VGA AMD, maka sobat bisa mencoba menyalakan fitur Enhanced Sync, dan rig tersebut sudah support alias mendukung freesync jangan lupa untuk dinyalakan agar bisa mengurangi stuttering.

3. Pakai metode Set Affinity di Task Manager
Cara agar tidak lag main pes 2023 juga bisa sobat lakukan dengan metode set affinity di task manager. Cara ini bisa sobat lakukan dengan mengatur affinity di task manager. Cara ini juga sangat ampuh terbukti mengurangi stuttering yang terjadi. Cara untuk mengaturnya juga tidak sulit, diantaranya :

>> Restart PC atau Laptop sobat terlebih dahulu.

>> Buka game PES sobat dan buka match seperti biasanya.

>> Lalu buka task manager kemudian tekan atau klik tab details, lalu klik kanan icon PES 2023, kemudian klik set affinity.

>> Selanjutnya nonaktifkan CPU 0 lalu tunggu beberapa saat kemudian klik "Ok".

>> Lalu klik kanan lagi set affinity, kemudian aktifkan lagi CPU 0 dan langsung saja klik OK. Sekarang sobat close task manager dan jalankan game PESnya.



Itu saja beberapa cara yang bisa sobat coba untuk mengatasi lag PES 2023 di perangkat sobat. Baik itu pada perangkat laptop/pc/android/mobile milik sobat untuk bisa meminimalis terjadinya lag. Semoga ini bermanfaat bagi sobat semuanya dan selamat mencoba.