Inilah 6 Cara Mengatasi Lag Saat Bermain Mobile Legend

Cara agar tidak lag saat bermain mobile legend - Ketika sedang asyik bermain mobile legends dan tiba-tiba mengalami yang namanya ngelag pasti membuat kita sangat kesal. Apalagi lag itu terjadi ketika kita sedang bertempur dan musuh berada dekat dengan kita. Wah, pastinya sangat kecewa dan seakan membuat permainan kita jadi tidak seru lagi. 

Bahkan apabila lag yang terjadi sudah cukup parah, yang dimana kita tidak dapat lagi menjalankan atau menggerakan analognya, hal ini lantas membuat kita frustasi dan tidak jarang banyak pemain mobile legend lebih memilih untuk afk atau keluar dari pertandingan ketika mengalami masalah ini.

cara mengatasi sinyal merah di mobile legend / cara mengatasi ping merah mobile legend 2023

Lag di mobile legend ini bisa terjadi karena beberapa faktor yang memang lebih banyak berasal dari smartphone kita. Oleh karena itu, kita bisa lebih banyak belajar untuk mengenal faktor-faktor penyebabnya.

Faktor penyebab terjadinya lag ketika kita sedang bermain mobile legend biasanya disebabkan oleh jaringan yang tidak stabil, pemakaian ram yang besar, aplikasi atau game yang berjalan di latar belakang, dan beberapa diantaranya.

Oleh karena itu, disini admin akan memberikan beberapa tips cara mengatasi lag ml, cara mengatasi atah-patah saat bermain mobile legend dan cara mengatasi sinyal merah / ping merah mobile legend agar permainan anda tetap seru tanpa harus terkendala hanya karena masalah lag yang terjadi. Berikut tips cara agar tidak lag saat bermain ml / mobile legend.

Cara Agar Jaringan Stabil Saat Bermain Mobile Legend

1. Mengaktifkan Speed Mode Mobile Legend

Didalam game mobile legend, terdapat fitur speed mode yang bisa membantu untuk mengatasi lag atau patah-patah yang disebabkan karena jaringan yang tidak stabil. Menurut pengalaman saya, fitur ini cukup membantu dalam mengatasi lag saat bermain mobile legends bahkan ping merah bisa berubah seketika menjadi hijau dengan fitur ini.

Namun fitur ini akan memakan kuota kita lebih cepat karena pemakaian kuota untuk mobile legends akan menjadi dua kali lipat.

Untuk mengaktifkannya, cukup mudah yakni dengan :

- Ketika berada di area pertempuran, pilih bagian roda gigi atau pengaturan di bagian kiri atas.
- Setelah di bagian basic, gulir ke bawah hingga bagian ke akhir, maka anda akan menemukan fitur speed modenya.
- Setelah itu, tekan "On" dengan begitu fitur speed modenya telah aktif.

Cara agar jaringan stabil saat main mobile legend terbaru 2019

2. Restart HP

Terkadang lag yang terjadi ketika kita sedang bermain mobile legend tidak hanya berasal dari jaringan sinyal yang kita anggap tidak stabil, melainkan juga biasanya berasal dari hp kita sendiri.

Smartphone kita terus menerus menampung beban-beban pemakaian ram dan kapasitas dari aplikasi maupun game-game lainnya sehingga hal ini bisa membuat beban hp kita menjadi semakin berat.

Oleh karena itu, anda bisa mencoba melakukan restart hp anda apabila anda merasa beban hp anda terasa berat dan terasa sangat lag ketika memainkan mobile legends. Menurut pengalaman saya, cara ini cukup efektif untuk menghilangkan lag yang bukan berasal dari jaringan sinyal kita, terutama bagi hp yang memiliki RAM dibawah 2 gb.

3. Menggunakan Sinyal Yang Stabil

Sinyal yang stabil menjadi hal utama agar lancar saat bermain mobile legend. Anda bisa memilih operator yang menurut anda lancar atau cocok dengan tempat atau wilayah anda. Karena seperti yang kita ketahui bahwa tidak semua operator itu cocok untuk setiap wilayah. Jadi, intinya pintar-pintarlah dalam memilih operator jaringan.

Apabila anda ke tempat-tempat yang menyediakan wifi gratis, pastikan agar jaringan sinyalnya bagus dan lancar. Dengan begitu anda tidak akan mengalami masalah atau lag saat bermain mobile legends.

Dan perlu diingat, cari wifi yang jangan banyak yang login agar koneksi wifi nya tidak terbagi-bagi dan tetap lancar stabil.

4. Jangan Bermain Sambil Ngecas

Agar tidak lag saat bermain mobile legend, hindari bermain sambil ngecas atau charge karena ini dapat dengan cepat menyebabkan hp kita menjadi panas. 

Ketika hp kita panas, maka ini akan membuat kita merasakan lag saat sedang bermain mobile legends. Jadi lebih baik hindari bermain sambil ngecas daripada harus mengalami lag yang ujung-ujungnya membuat kita kalah juga. Selain itu, mengecas sambil bermain juga rentan mengakibatkan smartphone cepat rusak dikarenakan pengisian daya terhambat karena bermain.

Pastikan ketika bermain mobile legend, baterai kita dalam keadaan cukup untuk bermain dan hindari pengecasan sambil bermain karena memiliki berbagai dampak buruk.

5. Mengubah Kualitas Grafis Mobile Legends

Mengubah kualitas grafis pada mobile legend juga terbukti mampu mengatasi lag di mobile legends.

Apabila anda mengalami lag saat bermain mobile legends, anda bisa mencoba untuk mengubah kualitas grafis mobile legend anda ke "Low".

Mobile legends menyediakan beberapa pilihan untuk menyesuaikan kualitas grafis yakni Low(rendah), Mid(sedang), dan High(tinggi). Meskipun secara umumnya kualitas grafis kita telah ditentukan ke Mid, kita bisa memanfaatkan opsi ini untuk menanggulangi masalah lag dengan mengubahnya pada kualitas rendah.

Untuk mengubah kualitas grafis, kamu bisa memilih bagian setting > Basics > Ubah Kualitas Grafis ke Low.

6. Menghapus cache

Menghapus cache aplikasi atau game yang ada di smartphone kita ternyata juga berguna untuk meminimalis terjadinya lag saat bermain mobile legends.

Aplikasi atau game yang baru saja kita mainkan, akan menyimpan data-data di cache. Data cache ini sebenarnya hanya menjadi beban bagi smartphone kita karena apabila semakin besar cachenya maka hanya akan memberatkan smartphone kita.

Oleh karena itu, kamu bisa mencoba untuk menghapus cache aplikasi-aplikasi yang terdapat di smartphone mu dengan masuk kebagian pengaturan > manajer aplikasi > pilih aplikasi yang ingin dihapus cache nya > clear cache.

Menghapus cache disini juga terbukti bisa membantu mengurangi atau mengatasi masalah-masalah lag yang sering terjadi saat bermain mobile legend karena beban-beban yang ada sudah dibersihkan.

Akhir Kata

Itulah beberapa tips cara mengatasi lag saat main mobile legend yang bisa sobat praktekkan. Tips tersebut adalah cara mudah yang memang sudah terbukti mampu mengatasi lag atau patah-patah ketika memainkan mobile legends. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang memang sering mengalami hambatan dalam bermain mobile legends.