6 Cara Agar Bermain Game Free Fire Tidak Lag


Cara agar bermain game free fire tidak lag / cara menstabilkan ping free fire - Free fire merupakan salah satu game yang kini tampak cukup populer dan banyak sekali dimainkan oleh orang-orang.

Beberapa kali saya melihat di playstore, game free fire ini tampak menduduki peringkat pertama game paling populer. Entah apa alasan, namun yang pasti game free fire ini benar-benar tampak banyak diminati oleh masyarakat dari latar kalangan apapun.

Alasan yang lebih pasti mengapa banyak sekali orang yang ingin bermain game bergenre battle royale yang satu ini karena tampilan HD dan grafisnya yang terbilang cukup bagus serta permainannya yang memang terasa tidak akan membosankan.

Ketika bermain, kita harus bertahan hidup sampai akhir dan mengalahan pemain-pemain lain yang total jumlahnya 50 orang. Sepertinya permainan free fire ini mirip dengan cerita di film hunger games.

Bermain di game Free Fire memang sangat seru. Namun lebih serunya lagi bila tidak ada gangguan ketika bermain.

Tapi seperti yang kita ketahui jikalau bermain game online, pasti ada gangguan-gangguannya meskipun itu sedikit.

Cara mengatasi lag free fire 2023 / fix lag / free fire lemot / cara mengatasi sinyal 999+ free fire 2021

Sama seperti game Free Fire ini, pastinya ada pemain yang mengalami lag atau patah-patah ketika sedang bermain apalagi ketika baru memulai permainan sehingga hal ini membuat kita menjadi sasaran pertama.

Lihat juga : Cara Cheat Free Fire Tanpa Root Terbaru.

Lihat juga : Cara Dapat Semua Skin Free Fire Secara Gratis.

Oleh karena itu, kita seharusnya mesti pandai-pandai dalam mengkondisikan jaringan sinyal dan bisa mengatur kapasitas RAM kita karena game Free Fire ini terbilang cukup memakan banyak tempat memori.

Oleh karena itu, cara agar tidak lag main free fire / cara mengatasi ngelag sinyal 999+ms free fire, maka kamu bisa melihat beberapa tips cara mengatasi lag, patah-patah, hingga cara mengatasi ping 999 ketika bermain free fire dibawah ini.

Tips Cara Mengatasi lag atau lemot di free fire

1. Ubah Jaringan Internet

Jaringan smartphone kamu sudah 4G, namun masih mengalami lag? Kamu bisa mencoba untuk mengubahnya menjadi 3G alias H+.

Memang biasanya 4G jauh lebih lancar, namun jaringan 4G ini tidak semua tempat tersebar secara merata.

Oleh karena itu, kamu bisa mencoba untuk mengubahnya. Kadangkala sinyal 4G yang kita pikir lebih lancar, namun kenyataannya tidak begitu stabil alias sinyalnya suka berubah-berubah.

Sinyal yang suka berubah, misalnya tiba-tiba lancar, tiba-tiba terasa begitu lemot. Hal itulah yang biasanya menyebabkan patah-patah ataupun lag ketika bermain game Free fire.

Dengan demikian, cobalah mengubahnya menjadi H+, siapa tau ini jauh lebih lancar ketimbang 4G dan juga bisa menstabilkan ping.

Untuk mengubahnya kamu bisa masuk ke pengaturan >> jaringan seluler >> lalu pilih WCDMA atau H+.

2. Tutup Aplikasi yang Sedang Berjalan

Sebelum bermain game free fire, alangkah baiknya kamu menutup semua aplikasi-aplikasi ataupun game yang sedang berjalan.

Hal ini berguna agar aplikasi maupun game tersebut tidak berjalan di latar belakang karena bila berjalan di latar belakang maka hanya akan terus mengambil kapasitas memori sehingga menyebabkan penyimpanan sedikit.

Penyimpanan yang sedikit bakalan pasti mengalami lag ketika bermain free fire karena ukuran maupun memori yang dibutuhkan bermain di free fire terbilang cukup besar.

Oleh karena itu, biasakan untuk selalu tutup semua aplikasi yang habis kita mainkan sebelum bermain free fire.

3. Mengubah Grafis

Grafis yang tinggi pastinya menjadi keinginan setiap pemain game free fire. Namun sadarkah kalian jika grafis yang tinggi itulah yang terkadang menjadi pemicu lag saat kalian memainkan game free fire.

Ini terjadi karena hp kalian tidak kuat atau memiliki RAM yang hanya dibawah 1GB, namun bila diatas 2GB itu tidak apa-apa. Oleh karena itu, jika hp kalian memiliki RAM yang rendah, lebih baiknya kalian untuk mengubah grafisnya menjadi smooth. Ini merupakan cara agar main free fire tidak lag di ram 1gb yang paling pass. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki smartphone ram 1gb, maka salah satu solusi cara mengatasi lag free fire ram 1gb yang bisa dicoba adalah mengubah grafis game.

Untuk mengubahnya juga tidaklah sulit, kalian masuk dulu ke game Free Fire >> pilih pojok kanan atas berbentuk roda gigi >> Graphic >> Smooth.

4. Gunakan Jaringan Wifi

Cara selanjutnya agar tidak lag saat main free fire adalah dengan menggunakan jaringan wifi. Jaringan wifi pastinya tidak perlu diragukan lagi kelancarannya.


Hal utama yang memang menjadi penyebab terjadinya lag adalah masalah jaringan sinyal. Jika jaringan sinyal tidak stabil, lag pun juga pasti terjadi.

Oleh karena itu, gunakanlah jaringan wifi bila tidak ingin lag terjadi, karena rata-rata jaringan wifi lebih kuat dan lancar.

Jika tidak ada, kamu bisa pergi ke tempat-tempat penyedia wifi gratis. Tapi jangan menggunakan wifi yang sudah banyak orang login karena sinyalnya bakal terbagi-bagi.


5. Hapus Cache

Cache merupakan tempat penyimpanan sementara suatu data. Setiap smartphone pasti memiliki data cache di memori internal. Data cache ini mencatat setiap aktivitas kita dalam menggunakan sebuah aplikasi.

Namun, tahukah anda jika penumpukan cache yang besar juga ternyata memberatkan smartphone kita, termasuk juga cache pada game Free fire.

Oleh karena itu, kamu bisa mencoba untuk menghapus cache game free fire, siapa tau ini bakalan membantu dalam mengatasi lag ataupun patah-patah saat bermain.

Untuk menghapus cache game free fire sangatlah mudah. Kamu bisa masuk ke pengaturan >> pengelola aplikasi >> aplikasi >> cari game Free Fire >> pilih hapus cache.

6. Restart HP

Salah satu cara yang cukup efektif agar tidak mengalami lag saat bermain game free fire adalah dengan melakukan restart hp.

Restart disini artinya mematikan hp dan menghidupkannya kembali ke dalam kondisi awal. Tapi bukan mereset ke data pabrik ya.

Kamu bisa mencoba merestart hp kamu terlebih dahulu jika kamu sudah merasakan sedikit lag ketika bermain free fire, terutama bagi smartphone yang memiliki RAM dibawah 2GB. Baca juga : Cara ampuh mengatasi voice chat error tidak berfungsi di PUBG Mobile dan Cara mendapatkan diamond gratis di free fire terbukti.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara agar tidak lag saat bermain free fire yang bisa kamu coba satu per satu untuk mengatasi lag ping merah yang terjadi saat kamu bermain game free fire. Semoga ini bermanfaat dan selamat mencoba.